Populer Post

Jumat, 02 Desember 2011

Sentra Kerajinan Ukiran Kayu Subang





Sentra Ukiran Kayu
Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang merupakan salah satu sentra ukiran kayu yang ada di Kabupaten Subang dimana usaha produksi Ukiran Kayu dengan jenis komoditi miniatur binatang ini merupakan usaha turun temurun. Adapun jenis komoditi ukiran kayunya diantaranya seperti miniatur bebek, kura – kura, macan, sisingaan, golek, dan masih banyak jenis miniatur binatang lainnya sesuai dengan jenis pesanan dari buyer.
Ukiran Kayu Kabupaten Subang khususnya yang berada di Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden ini menggunakan kayu lame sebagai bahan bakunya, dimana keunggulan kayu lame ini mempunyai tekstur permukaan yang lembut, pori-pori relatif kecil, mudah dibentuk, mempunyai daya tahan yang tinggi sehingga sangat sesuai dengan cara pemberian motif untuk produk ukirak kayu Kabupaten Subang khususnya  Kampung Saradan Desa Sukamulya yang mempunyai cirri khas ini, dimana pemberian motif pada produk kerajinan ukiran kayunya yaitu dengan menggunakan bantuan Solder atau biasa disebut dengan sistem krek, sehingga terlihat lebih alami dan berbeda dengan produk IKM Ukiran Kayu luar Subang.
Adapun metode pemberian motif dengan system krek ini yaitu dengan cara memanaskan jarum solder kemudian digores-goreskan keatas permukaan ukiran kayu baik yang telah diberi motif, maupun yang langsung dibentuk motifnya dengan menggunakan solder tersebut. Pemberian motif ini dilakukan untuk memberi efek bulu yang alami pada produk – produk Ukiran Kayu dengan jenis miniatur binatang yang berbulu.

Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright TPL - IKM Disperindagsar Kab.Subang 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all